Sabtu, 17 November 2012

Pengertian FTP dan Chat Room


BAB II
PEMBAHASAN
1.     FTP ( FILE TRANSFER PROTOCOL)
FTP atau File Transfer Protocol  merupakan sebuah protokol internet yang merupakan stardar aplikasi untuk pengiriman (Transferring) file –file antar computer dalam satu jaringan Internetwork. Sampai saat ini, protokol internet ini masih terus dikembangkan dan masih sering digunakan dalam kegiatan pengunduhan (download) ataupun pengunggahan (upload) file – file computer antara klien atau pengguna FTP dengan Server atau penyedia dari FTP tersebut. Klien FTP adalah sebuah aplikasi yang dapat mengeluarkan  perintah – perintah ke sebuah server FTP. Sedangkan
server FTP merupakan sebuah Windows Service ataupun Daemon yang berjalan di atas sebua computer bertugas untuk merespons perintah – perintah dari sebuah Klien FTP. Perintah-perintah FTP dapat digunakan untuk mengubah direktori (Directory), mengubah modus transfer (Transfer Mode) antara biner dan ASCII, mengunggah berkas komputer ke server FTP, serta mengunduh berkas dari server FTP.
Pengaksesan server FTP dapat menggunakan Universal Resource Indentifier (URI) dengan format ftp://namaserver. Hubungan antara Klien FTP dengan Server FTP dapat diakses dengan menghubungi URI tersebut.
            Protokol yang digunakan oleh FTP ini sendiri adalah protokol Transmission Control Protokol (TCP) untuk komunikasi data antara klien dan server FTP sehingga antar server dan klien tersebut akan dibuatkan sebuah sesi komunikasi sebelum transfer data dimulai. Sebelum membuat koneksi tersebut, port TCP nomor 21 di sisi server akan "mendengarkan" percobaan koneksi dari sebuah klien FTP dan kemudian akan digunakan sebagai port pengatur (control port). Fungsi dari port pengatur ini yaitu untuk membuat sebuah koneksi antara klien dan server, untuk mengizinkan klien untuk mengirimkan sebuah perintah FTP kepada server dan mengembalikan respons server ke perintah tersebut. Sekali koneksi pengatur atau control itu dibuat, maka server akan mulai membuka port TCP nomor 20. Setelah Port TCP 20 terbuka maka port tersebut akan membentuk sebuah koneksi baru antara server dengan klien untuk mentransfer data - data aktual yang sedang dipertukarkan saat melakukan pengunduhan dan penggugahan. Berikut adalah gambar skema koneksi antara server dengan klien.
Cara kerja protokol FTP









            FTP hanya menggunakan metode autentifikasi standar, yakni hanya menggunakan username dan password yang dikirim dalam bentuk tidak terenkripsi atau sistem pengamanannya kurang baik. Pengguna yang terdaftar dapat menggunakan username dan password-nya untuk mengakses, men-download, dan meng-upload berkas-berkas yang dikehendaki. Umumnya, para pengguna terdaftar memiliki akses penuh terhadap beberapa direktori, sehingga mereka dapat membuat berkas, membuat direktori, dan bahkan menghapus berkas. Pengguna yang belum terdaftar dapat juga menggunakan metode anonymous login, yakni dengan menggunakan nama pengguna anonymous dan password yang diisi dengan menggunakan alamat e-mail.
2.      CHAT ROOM (RUANG CHAT)
Istilah chat room, atau ruang chat, terutama digunakan oleh media massa untuk menggambarkan setiap bentuk konferensi sinkron (saling berhubungan) , kadang-kadang bahkan konferensi asynchronous ( tidak saling berhubungan). Sebuah ruang chat tersebut merupakan situs web, bagian dari situs web atau bagian dari layanan online seperti American Online yang menyediakan tempat bagi pengguna untuk berkomunikasi secara real time atau diwaktu yang sama. Di dalam suatu situs chat room biasanya terdapat daftar orang-orang yang sedang Online sehingga memudahkan kita untuk melakukan chating tanpa harus mencari siapakah yang sedang online pada saat itu. Untuk melakukan chating sendiri, pengguna hanya tinggal mengetik di kotak chat yang muncul ketika kita masuk di ruang chat seseorang yang sedang online.
Beberapa ruang chat seperti Yahoo! Menggunakan teks dan suara secara simultan. Hal ini menambah kenyamanan saat kita melakukan chating dengan orang lain yang jauh diwaktu yang bersamaan. Bentuk tertua atau bentuk umum kamar chatting sendiri biasanya hanya teks saja. Selain itu, pada saat ini juga dikembangkan sebuah situs ruang chat yang menombinasikan antara teks, suara dan video yang dikenal dengan visual chat. Dengan perkembangan seperti ini, pengguna bisa langsung melihat dan mendengar orang yang sedang chating dengan kita.
Fungsi utama dari ruang chat ini adalah untuk memudahkan pengguna untuk saling bertukar informasi antar satu sama lain dalam waktu bersamaan tanpa harus membayar mahal seperti alnya lewat telepon. Tetapi, ada juga yang menyalahgunakan fungsi utama dari ruang chat ini, seperti seks online. Hal ini menimbulkan kekhawatiran yang meluas tentang potensi eksploitasi seksual terhadap anak di bawah umur.
            Setiap hal pasti mengandung hal positif dan negative. Tergantung bagaimana pemikiran pengguna untuk memanfaatkan kemudahan yang ditawarkan oleh situs – situs ruang chat. Ambilah sesuatu yang positif dari kemajuan teknologi saat ini.








BAB III
PENUTUP

1.      Kesimpulan
Adapun kesimpulan dari penjelasan tentang FTP dan Chat Room adalah :
a.    FTP merupakan salah satu protocol internet yang masih digunakan sampai saat ini untuk mengunggah (upload) dan mengunduh (download) file antara satu computer dengan computer lain dalam satu jaringan internetwork.
b.    Chat Room adalah sebuah ruang chat yang menyediakan tempat bagi pengguna untuk berkomunikasi secara real time atau diwaktu yang sama. Fungsi utama dari ruang chat ini adalah untuk memudahkan pengguna untuk saling bertukar informasi antar satu sama lain dalam waktu bersamaan dengan biaya yang lebih terjangkau.

2.      Saran
Perkembangan teknologi terutama internet seperti saat ini memang mempunyai dua sisi yang saling berlawanan. Ada yang berpihak pada sisi positif dan di sisi negative. Sisi positifnya yaitu mepermudah kita untuk menyelesaikan pekerjaan dan tugas kita dengan alokasi waktu yang singkat dari pada kita melakukan tinjauan pustaka ataupun mendatangi seseorang yang kita butuhkan informasinya. Di sisi negative, internet mempunyai ruang yang tidak terbatas. Bahkan setiap mempunyai kesempatan yang luas untuk mengisi dunia internet ini. Sehingga banyak juga yang memanfaatkan kesempatan ini untuk melakukan hal yang sebenarnya dilarang, seperti pornografi. Jadi, sebaiknya kita berpikir apa yang memang benar – benar bermanfaat bagi kita dalam memanfaatkan kemajuan teknologi internet ini. Masih banyak yang bisa kita pelajari lewat internet.



DAFTAR PUSTAKA

Diakses tanggal 13 Oktober 2010 pukul 20:45
Diakses tanggal 13 Oktober 2010 pukul 20:45

Tidak ada komentar:

Posting Komentar